Selasa, 26 Okt 2021
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, sedang mempersiapkan sekolah tatap muka terbatas, dengan standar protokol kesehatan yang ketat

FGD Implementasi Link and Match SMK PK Tahun 2021 Sektor Hospitality SMK Negeri 3 Pekanbaru dengan Perguruan Tinggi Pendamping Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Nomor : 22/D/O/2021 tanggal 20 April 2021 tentang penetapan Sekolah Menengah Kejuruan pelaksana SMK Pusat Keunggulan tahun 2021. Pada hari Senin, 27 September 2021 telah diselenggarakannya sosialisasi FGD implementasi Link and (Super) Match SMK PK tahun 2021 sektor hospitality SMK Negeri 3 Pekanbaru bertempat di aula SMK Negeri 3 Pekanbaru. Sehubungan dengan masa pandemi Covid-19, acara dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) via zoom meeting dan luring (luar jaringan) dengan protokol kesehatan yang ketat.
Narasumber kegiatan ini adalah Bapak Alan dari PHRI pusat dan Bapak Iwan Juansyah dari GM Hotel Furaya. Harapannya bagi lulusan SMK yang mempunyai proyeksi melanjutkan ke perguruan tinggi bisa langsung masuk ke Diploma IV atau S1 di perguruan tinggi yang diinginkan. Hubungan sinergi antara Perguruan Tinggi, Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) dan SMK Negeri 3 Pekanbaru harus tetap terjalin untuk lebih memajukan dan meningkatkan mutu sekolah. Ada 8 aspek link and (super) match harus dipenuhi untuk mewujudkan keselarasan antara SMK dengan DUDIKA :

  1. Kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills, dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja.
  2. Pembelajaran diupayakan berbasis project riil dari dunia kerja (project based learning) untuk memastikan hardskills, softskills, dan karakter yang kuat.
  3. Peningkatan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja.
  4. Praktik kerja lapangan/industri minimal satu semester.
  5. Bagi lulusan dan bagi guru/instruktur sertifikasi kompetensi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja.
  6. Bagi guru/instruktur perlu ditekankan untuk memperbarui teknologi melalui pelatihan secara rutin.
  7. Dilakukannya riset terapan yang mendukung teaching factory berdasarkan kasus atau kebutuhan riil industri.
  8. Komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja.

SMK yang mengikuti program SMK PK ini akan mendapatkan manfaat-manfaat pengembangan sekolah. Antara terjadinya percepatan pencapaian lulusan yang berkarakter, berstandar dunia usaha/industri/kerja dan memiliki daya saing sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR