Selasa, 26 Okt 2021
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, sedang mempersiapkan sekolah tatap muka terbatas, dengan standar protokol kesehatan yang ketat

Gelar Karya Cipta Wastra Riau dalam Rangka Memperingati Hari Batik Nasional Tahun 2021

SMK Negeri 3 Pekanbaru merupakan salah satu SMK Negeri yang ada di Provinsi Riau dengan 2 bidang keahlian yaitu Pariwisata serta Seni dan Ekonomi Kreatif. Salah satu program keahliannya adalah Busana (Fesyen). Program keahlian busana sangat dibutuhkan saat ini karena menjadi salah satu elemen penting dari gaya hidup yang diperlukan manusia modern di era global ini khususnya untuk MODEST WEAR dan MUSLIM WEAR. Salah satu tujuan program keahlian busana adalah menyiapkan peserta didik program keahlian busana (fesyen) sebagai “Sumber informasi dan pusat budaya/trend busana dengan kearifan budaya lokal” khususnya untuk Provinsi Riau yaitu Tenunan dan Batik yang ada di setiap Kabupaten di Provinsi Riau.
Pada hari Sabtu 2 Oktober 2021, SMK Negeri 3 Pekanbaru beserta dukungan dari DUDIKA dan peran Indonesia Fashion Chumber (IFC) mengadakan peringatan Hari Batik Nasional dengan tema “GELAR KARYA WASTRA RIAU TAHUN 2021” yang diselenggarakan di Mall Ciputra Seraya jam 14.00 s/d selesai. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Zulikram, S.Pd., M.Pd dan Kepala SMK Negeri 3 Pekanbaru Ibu Rita Johan, S.Pd., MM. DUDIKA sebagai pasangan Program Keahlian Busana mendukung tercapainya tujuan dari kegiatan tersebut. Bukan hanya dukungan dari DUDIKA tapi peran IFC juga sangat penting untuk memberikan informasi mengenai Trend Fashion, motivasi untuk menciptakan karya yang mengangkat kearifan lokal Riau.
IFC itu sendiri merupakan organisasi Nasional kumpulan Fashion Designer dan pelaku usaha fashion yang berkomitmen untuk mengembangkan potensi daerah, baik itu Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia. IFC memiliki pengalaman dalam dan luar negeri, bekerja sama dengan Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah. Lokal Chairman IFC Chapter Pekanbaru adalah ALUMNI SMKN 3 Pekanbaru Program Keahlian Tata Busana Tahun 2017 dan merupakan Fashion Designer di Sakinah Moeslim Boutique.
Peserta kegiatan Gelar Karya Wastra Riau Tahun 2021 merupakan peserta didik program Keahlian Busana SMKN 3 Pekanbaru kelas 12 dan 13 (Kompetensi Keahlian Tata Busana dan Desain Fesyen) Tahun Pelajaran 2021/2022. Prestasi yang telah diraih oleh peserta didik yaitu :

  1. Juara 1 pada Festival Ekonomi Syariah BI Riau Bidang Lomba Kreasi Busana Muslim Tenun Riau Tingkat Provinsi Riau.
  2. Juara 2 pada Festival Ekonomi Syariah BI Riau Bidang Lomba Kreasi Busana Muslim Tenun Riau Tingkat Provinsi Riau.
  3. Juara 1 pada Festival Ekonomi Syariah BI Riau Bidang Lomba Kreasi Busana Muslim Menggunakan Kain Daerah Regional Sumatera.

Harapan dari Program Keahlian Busana yaitu mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan Kompetensi Pendidik sesuai perkembangan industri Fashion saat ini melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau serta dapat meningkatkan Hardskill dan Softskill dari peserta didik sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR