Selasa, 26 Okt 2021
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, sedang mempersiapkan sekolah tatap muka terbatas, dengan standar protokol kesehatan yang ketat

Kegiatan Audiensi SMK Negeri 3 Pekanbaru dengan IHGMA DPD Riau untuk Menjalin Sinergi Tentang SMK PK 8+i

Kamis (14/11) telah diadakannya pertemuan antara SMK Negeri 3 Pekanbaru dengan IHGMA DPD Riau. IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) adalah organisasi resmi asosiasi General Manager yang berbadan hukum telah meluncurkan website resminya yaitu www.IHGMA.org diresmikan pada tanggal 20 April 2016 di Hotel Bali Beach-Bali. Sampai saat ini berangotakan sekitar 1000 general manager dari seluruh wilayah di Indonesia. Salah satunya yaitu chapter Riau yang dipimpin oleh Ibu Lusiyanti, SE., MM. Dengan terus bertambahnya chapter-chapter di daerah IHGMA menjadi sebuah organisasi profesi yang sangat penting dalam menjalin kerja sama dengan pemerintah dan swasta dalam pemberdayaan sumber daya manusianya di industri hospitality, bisa dilihat dari hasil pelatihan-pelatihan yang sudah dilaksanakan oleh chapter-chapter IHGMA seperti kerjasama dengan AHLEI, LSP, LSU dan sekolah pariwisata lainnya. Dengan adanya pertemuan tersebut diharapkan SMK Negeri 3 Pekanbaru melalui IHGMA DPD Riau dapat menjalin kerja sama antara industri dan sekolah.
Kemudian Mendikbud menjelaskan bahwa 8+i Link and Match yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja.
  2. Pembelajaran diupayakan berbasis proyek riil dari dunia kerja (PBL) untuk memastikan hardskills, softskills dan karakter yang kuat.
  3. Peningkatan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja.
  4. Praktik kerja lapangan/industri minimal satu semester.
  5. Bagi lulusan dan bagi guru/instruktur sertifikasi kompetensi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja.
  6. Bagi guru/instruktur perlu ditekankan untuk memperbarui teknologi melalui pelatihan secara rutin.
  7. Diadakan riset terapan yang mendukung teaching factory berdasarkan kasus atau kebutuhan.
  8. Komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja.

Sedangkan huruf ā€œiā€ adalah berbagai kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan dengan dunia kerja. Di antaranya beasiswa dan/atau ikatan dinas, donasi dalam bentuk peralatan laboratorium dan lainnya. Serta memungkinkan untuk menjalin kerja sama antara SMK Negeri 3 Pekanbaru dengan IHGMA DPD Riau.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR