Rabu, 27 Okt 2021
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, sedang mempersiapkan sekolah tatap muka terbatas, dengan standar protokol kesehatan yang ketat

Kunjungan Tim Riset Kementerian/UHAMKA Terkait TEFA ( Teaching Factory)

Di Indonesia, penerapan konsep teaching factory telah diperkenalkan di SMK pada tahun 2000 dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu berupa pengembangan unit produksi yang sudah dilaksanakan di SMK. Kemudian konsep tersebut berkembang pada tahun 2005 menjadi sebuah model pengembangan SMK berbasis industri. Terdapat tiga bentuk dasar kategori pengembangan SMK berbasis industri yaitu: (1) Pengembangan SMK berbasis industri sederhana; (2) Pengembangan SMK berbasis industri yang berkembang dan; (3) Pengembangan SMK berbasis industri yang berkembang dalam bentuk factory sebagai tempat belajar.

Teaching Factory merupakan pembelajaran produksi yang merupakan framework bagi peserta didik pendidikan vokasi di masa depan, memiliki potensi untuk menjadi pendekatan belajar yang lebih efisien dan efektif jika menjadi bagian dari konteks pendidikan.Teaching factory diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta didik agar dapat menghasilkan suatu produk yang sesuai standar industry.

Untuk itu SMK Negeri 3 Pekanbaru sudah melaksanakan program TEFA dan menerapkan pengembangan SMK berbasis Industri, Tim Riset Kementerian/UHAMKA telah melihat dan visitasi kegiatan TEFA di SMK Negeri 3 Pekanbaru , kunjungan dilaksanakan pada hari Selasa , 21 September 2021, didampingi oleh Ibu Rita Johan S.Pd M.M Kepala Sekolah. tim riset kementrian diwakili oleh Bpk DR.Bunyamin , M.Pd dan Ibu DR Sintha Wahyu Saputri, dalam kunjunganya beliau memberikan apresiasi kepada SMK Negeri 3 Pekanbaru, karena sudah memiliki TEFA yang menghasilkan produk berstandar industry.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR