Rabu, 27 Okt 2021
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, sedang mempersiapkan sekolah tatap muka terbatas, dengan standar protokol kesehatan yang ketat

Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) bagi Pendidik dan peserta didik SMK Negeri 3 Pekanbaru

Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah.
Asesmen Nasional (AN) merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN), yang akan diikuti tidak hanya siswa, tetapi juga guru dan kepala sekolah. Peserta khususnya siswa, perlu memenuhi syarat agar bisa mengikuti AN 2021. Asesmen Nasional (AN) dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan jenjang dasar dan jenjang menengah. Prestasi murid dievaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan.
Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Informasi dari ketiganya diharap dapat mendorong perbaikan mutu pembelajaran.

  1. Literasi membaca dan numerasi adalah kompetensi mendasar yang diperlukan semua murid untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi pada masyarakat. Pengukuran literasi dan numerasi mendorong guru untuk lebih berfokus pada pengembangan daya nalar daripada pengetahuan konten yang luas tapi dangkal.
  2. Karakter sulit diukur secara mendalam dalam asesmen berskala besar. Meski demikian, Survei Karakter dapat memberi informasi berharga tentang sikap, nilai, dan kebiasaan yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila. Survei Karakter memberi sinyal bahwa sekolah perlu memperhatikan tumbuh kembang murid secara utuh, mencakup dimensi kognitif, afektif dan spiritual.
  3. Survei Lingkungan Belajar mengukur (a) kualitas pembelajaran, (b) iklim keamanan dan inklusivitas sekolah, (c) refleksi guru, (d) perbaikan praktik
    pengajaran, dan (e) latar belakang keluarga murid. Informasi dari Survei
    Lingkungan Belajar berguna untuk melakukan diagnosis masalah dan perencanaan perbaikan pembelajaran oleh guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan.

Senin s.d kamis, 20 s.d 23 September 2021. SMK Negeri 3 Pekanbaru menggelar Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021. Asesmen Nasional 2021 ini dilaksanakan selama 4 hari. Pada hari senin s.d selasa tanggal 20 s.d 21 September 2021 telah dilaksanakannya Asesmen Nasional yang terdiri dari instrumen Survey Lingkungan Belajar, asesmen tersebut diikuti oleh seluruh tenaga pendidik seperti Guru dan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Pekanbaru. Untuk hari Rabu s.d Kamis, 22 s.d 23 September 2021 dilanjutkan dengan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang terdiri dari Instrumen literasi membaca dan numerisasi serta survey karakter, pelaksanaannya dilaksanakan sebanyak 3 sesi yaitu sesi 1 dari pukul 07.30 s.d pukul 09.30 dan sesi 2 dari pukul 10.30 s.d pukul 12.30, kemudian sesi 3 dari pukul 14.00 s.d pukul 16.00. Adapun ruangan yang dipakai untuk ANBK 2021 ini yaitu 2 ruangan diantaranya adalah ruangan Lab Komputer Office dan Lab Komputer Multimedia serta daftar peserta ANBK ditentukan langsung oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar).

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR