Selasa, 26 Okt 2021
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, sedang mempersiapkan sekolah tatap muka terbatas, dengan standar protokol kesehatan yang ketat

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Aplikasi Dapodik SMK Pusat Keunggulan kepada pengelola data SMK di Dinas Pendidikan Provinsi Riau

Dapodik (Data Pokok Pendidikan) adalah sistem pendataan berskala nasional dan terpadu sebagai sumber data utama dari pendidikan nasional. Dapodik didesain serta dikembangkan menggunakan teknologi website dengan fitur lengkap untuk merencanakan sistem pendidikan secara terpadu.
Dalam rangka meningkatkan kompetensi Operator Dapodik (Data Pokok Pendidik) di sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi Riau Bapak Zulikram, S.Pd., M.Pd mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Dapodik bagi para operator-operator dari berbagai sekolah negeri maupun sekolah swasta di Provinsi Riau yang diselenggarakan pada hari Kamis, 23 September 2021. Pelaksanaan Bimtek ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan, Instruksi Menteri Pendidikan Nasional No.2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan, serta Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang memiliki peran dalam pengumpulan data yang lengkap, benar, muktahir dan akurat menggunakan Sistem Pendataan Dapodik.
Oleh karena itu, para operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) didorong untuk intens melakukan sinkronisasi data ketika ada data-data yang perlu dimutakhirkan atau diupdate. Dengan kata lain, pemutakhiran data harus dilakukan setiap ada informasi-informasi baru, baik terkait siswa maupun guru.
Harapan pemerintah untuk mewujudkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang berkualitas dilakukan dengan tidak main-main. Namun, meski manajemen infrastruktur terus diperkuat, hal itu tidak akan berfungsi optimal tanpa diimbangi kinerja terbaik dari mereka yang bertugas melakukan entri data. Karena itu, langkah-langkah pembinaan terus dilakukan terhadap mereka yang bersentuhan langsung dengan sistem dapodik agar tidak memberatkan sistem.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR