Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Negeri 3 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2021/2022

SMK Negeri 3 Pekanbaru kembali membuka pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022. Pendaftaran peserta didik baru pada tahun ini seluruhnya dilakukan secara daring (Online) dengan masih dalam suasana pandemi Covid-19 , berikut kompetensi keahlian yang dibuka

  1. Perhotelan : 68 Daya Tampung
  2. Usaha Perjalanan Wisata / Usaha Layanan Wisata :34 Daya Tampung
  3. Kuliner (Tata Boga) : 136 Daya Tampung
  4. Busana (Fesyen) : 102 Daya Tampung
  5. SPA & Kecantikan : 34 Daya Tampung
  6. Multimedia (DKV) : 68 Daya Tampung
    Total Daya Tampung : 442

A. JADWAL PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran Online tanggal 14 s/d 21 Juni 2021
  2. Pengumuman Hasil Penerimaan, tanggal 25 Juni 2021
  3. Pendaftaran Ulang/Verifikasi Berkas, tanggal 28 Juni s/d 07 Juli 2021
  4. Hari pertama masuk sekolah, Tanggal 12 Juli 2021

B. JALUR PENDAFTARAN

  1. Jalur Tempatan , Domisili calon peserta didik pada radius paling dekat dengan SMK Pilihan dengan (*kuota 15%)
  2. Jalur Afirmasi , Calon peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili di wilayah Provinsi Riau pada kabupaten/kota yang sama dengan SMK Pilihan (*kuota 15%)
  3. Jalur Prestasi (Reguler) , Peringkat jalur prestasi di tentukan berdasarkan ranking nilai rapor 5 semester , serta sertikat atau piagam prestasi akademik atau non akademik (*kuota. 65%)
  4. Jalur Perpindahan , orang tua calon peserta didik dari TNI,POLRI,ASN, BUMN, BUMD, dan perusahan swasta lainya, dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi atau lembaga. (*kuota 5%) , Calon peserta didik dari anak Guru dan Tenaga Kependidikan (TU) tempat orang tuanya bertugas termasuk juga dalam kouta pindahan.

C. PERSYARATAN UMUM

Kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik SMK Negeri 3 berupa :

  1. Calon Peserta Didik baru kelas 10 (sepuluh) berusia maksimal 21 Tahun pada tanggal 1 Juli 2021.
  2. Ijazah SMP Sederajat / Ijazah Program Paket B / Surat Keterangan Lulus (SKL) *Dokumen Asli di Scan dan di Upload.
  3. Buku Rapor SMP/Sederajat dari semester 1 s/d 5 yang diterbitkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan. *Dokumen Asli di Scan dan di Upload.
  4. Akta Kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa setempat yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.
  5. Kartu Keluarga (KK) paling singkat 1 (satu) tahun terakhir sebelum tanggal pelaksanaan PPDB. *Dokumen Asli di Scan dan di Upload.
  6. Surat Keteragan Domisili bagi calon peserta didik yang karena sesuatu hal dalam keadaan tertentu meliputi :
    1. -Dalam Keadaan Bencana Alam
    2. – Bencana Sosial
  7. Kartu KIP/PKH atau SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) khusus untuk Jalur Afirmasi (Calon siswa dari keluarga Ekonomi tidak mampu) *Dokumen Asli di Scan dan di Upload.
  8. Piagam/ Sertifikat prestasi tertinggi yang dimiliki baik bidang Akademik dan non Akademik tingkat Internasional/Nasional/Provinsi/Kabupaten/Kota khusus untuk Jalur Prestasi *Dokumen Asli di Scan dan di Upload.
  9. Surat keterangan asli pindah tugas orang tua dan/atau surat keterangan lainnya bagi TNI/ASN/POLRI/BUMN/BUMD dan perusahan swasta lainya, serta anak guru/tenaga kependidikan, baik PNS maupun Non PNS dilengkapi dengan SK Kepegawaian khusus untuk Jalur Perpindahan Orang Tua. *Dokumen Asli di Scan dan di Upload.

D.PERSYARATAN KHUSUS (* diserahkan pada saat pendaftaran ulang setelah dinyatakan LULUS*)

Surat Keterangan Kesehatan dan sekaligus menyatakan tidak buta warna dan tidak memiliki tato dan bertindik melebihi dari 2 bagi wanita, dan tidak memiliki tato dan tindik bagi pria, surat keterangan dikeluarkan dari Dokter Pemerintah/puskesmas.

Tinggi Badan Untuk Jurusan Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata Dan Kuliner / Tata Boga  sbb:
Laki-Laki : 157 cm , Perempuan : 153 cm

Bagi siswa yang dinyatakan LULUS, Semua Berkas yang diupload/diunggah saat pendaftaran di print out/photo copy diserahkan pada saat verifikasi berkas bersamaan dengan pendaftaran ulang dengan menunjukkan dokumen yang asli