Senin, 20 Mei 2024
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021, Pada Sektor Hospitality, Perhotelan

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KAWAH KEPEMIMPINAN PELAJAR 2021

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Pada Tahun 2021 ini, Forum Indonesia Muda (FIM) kembali bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kawah Kepemimpin Pelajar Bagi Siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Daerah 3T dalam rangka pembinaan pendidikan layanan khusus bagi siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Wilayah Tertinggal, Terpencil, Terluar (3T) dan Perbatasan.

Kamis s.d Minggu, 11 s.d 14 November 2021 siswa program ADEM SMK Negeri 3 Pekanbaru telah mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus dimana kegiatan ini dilaksanakan secara daring di 6 (enam) Provinsi. Adapun tujuan diadakannya Penguatan Pendidikan Karakter :

  1. Mendorong, membimbing serta mengarahkan potensi kepemimpinan
  2. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap, dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin
  3. Meningkatkan rasa cinta tanah air melalui wawasan kebangsaan dan bela negara
  4. Meningkatkan kesadaran siswa untuk menjaga kesehatan melawan dan mencegah Covid 19
  5. Memberi inspirasi kepada siswa untuk mampu memanfaatkan peluang berwirausaha dan memiliki daya juang yang tinggi

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan generasi muda harus menjadi generasi yang tangguh dan menjadi kebanggaan bangsa. Oleh karena itu, generasi muda Indonesia harus dibekali sejak dini dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta modal dasar ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar mampu menjadi generasi muda Indonesia yang tangguh, kompeten, dan profesional.

Post Terkait

0 Komentar

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

KELUAR