Sabtu, 28 Jan 2023
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021, Pada Sektor Hospitality, Perhotelan

Publikasi Praktik Baik (Best Practice) Kemitraan Antara SMK Pengampu Program Pusat Keunggulan (PK) Skema Pemadanan Dukungan (PD) Dengan Industri Mitra

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi akan meluncurkan program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Skema Pemadanan Dukungan (PD) Tahun 2023. Program SMK PK Skema PD merupakan program terobosan sebagai upaya mendukung pembangunan SDM SMK berkualitas yang selaras dengan ekosistem di dunia usaha dunia industri (DUDI). Program SMK PK Skema PD dalam prosesnya akan melibatkan DUDI secara intensif yang bertujuan mengimplementasikan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan DUDI secara konkrit dan substantif. Selain itu SMK PK Skema PD juga diharapkan dapat melahirkan SMK rujukan yang memiliki visi dalam peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya melalui pengimbasan positif. Sehubungan dengan akan dibukanya program SMK PK Skema PD Tahun 2023, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI tengah menyusun bahan tayangan publikasi pendukung promosi program.

Berkaitan dengan hal tersebut, SMK Negeri 3 Pekanbaru menjadi salah sekolah percontohan dan akan diliput bersama dengan mitra industri dalam Program SMK PK SPD sebagai salah satu contoh praktik baik (best practice) kemitraan antara SMK pengampu program dengan industri mitra, yang dilaksanakan pada hari Selasa s.d Kamis, 13 s.d 15 Desember 2022. Pada kesempatan ini Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI memberikan tugas untuk peliputan SMK Negeri 3 Pekanbaru kepada Ibu Carolina, S.S. T.Pi, M.Si selaku Pelaksana Bidang Kemitraan Direktorat Mitras DUDI, Bapak M. Iqbal Tawakal selaku Staf Teknis Bidang Kemitraan Direktorat Mitras DUDI, Bapak Muhammad Marup selaku Jurnalis Koran Jakarta dan Ibj Tri Wahyuni selaku Jurnalis Suara Karya.

KELUAR