Jumat, 19 Jul 2024
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021, Pada Sektor Hospitality, Perhotelan

Rapat Koordinasi Kemitraan BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata dengan SMK dan Dunia Usaha Dunia Industri Tahun 2022

Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Kemitraan antara Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan SMK Bisnis dan Pariwisata. BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata perlu melakukan kegiatan ini untuk mendukung strategi Link and Match yaitu melalui penjaringan data sekolah serta data mitra industri atau dunia kerja, sehingga dapat diperoleh kondisi sebenarnya dari program kemitraan SMK yang memungkinkan untuk melakukan kerjasama.

Rapat koordinasi (Rakor) yang berlangsung selama 3 hari itu, mulai Selasa 12 Juli 2022 hingga Kamis 14 Juli 2022 di Jakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh Ibu Kepala SMK Negeri 3 Pekanbaru Hj. Rita Johan, S.Pd., MM dan DU/DI dari Hotel Novotel dimana antara SMK Negeri 3 Pekanbaru dan Industri Hotel Novotel telah menghasilkan kesepakatan bersama. Lalu kegiatan rakor kemitraan dirangkai dengan diskusi dan sejumlah materi, diantaranya pengembangan pendidikan SMK, program kerja pendidikan, dan kerjasama pendidikan dengan DU/DI. Adapun program kerjasama antara pihak SMK dengan DUDI pun menjadi syarat mutlak keberhasilan pendidikan vokasi nantinya.

Adanya DU/DI kini membuat para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peluang lebih besar untuk mendapat pekerjaan. Pasalnya, sebagian besar SMK saat ini sudah terhubung atau menjalin kerja sama dengan pihak dunia usaha dan industri (DU/DI). Dunia usaha dan industri (DU/DI) sendiri pun memiliki peran dalam membantu pelaksanaan praktik kerja industri atau magang bagi guru maupun siswa SMK. Mitras DUDI nantinya akan memilih pegawai baru dari siswa SMK sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

Kerja sama dengan DU/DI tidak hanya terpaku pada penyediaan praktik kerja lapangan atau magang bagi siswa saja, namun juga meliputi pengembangan kompetensi guru kejuruan, penyelarasan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, sertifikasi kompetensi, hingga rekrutmen lulusan SMK.

KELUAR