Minggu, 16 Jun 2024
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021, Pada Sektor Hospitality, Perhotelan

Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkoba (P4GN & PN)

SONY DSC

SMK Negeri 3 Pekanbaru pada hari Selasa, 30 Mei 2023 mengadakan acara kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkoba (P4GN & PN) oleh BNN Provinsi Riau yang dilaksanakan di Ballroom Tasik Kemuning SMK Negeri 3 Pekanbaru. Turut hadir Kepala SMK Negeri 3 Pekanbaru Ibu Hj. Rita Johan, S.Pd., MM, Tim dari BNN Provinsi Riau serta siswa/i SMK Negeri 3 Pekanbaru yang telah terpilih dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutan Ibu Kepala SMK Negeri 3 Pekanbaru menyampaikan terima kasih dan apresiasi kami sampaikan kepada Rombongan BNN Provinsi Riau yang telah menyempatkan waktunya untuk dapat hadir berkunjung ke SMK Negeri 3 Pekanbaru. Kemudian dilanjutkan oleh Tim dari BNN Provinsi Riau untuk menjelaskan mengenai P4GN dan PN itu sendiri.

Peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh Pemerintah, karena dapat menyebabkan rusaknya moral Bangsa. karena itu Pemerintah sangat memberikan perhatian terhadap penanganan atas penyalahgunaan narkoba. 

Penyalah guna adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa hak atau melawan hukum. ketika seseorang melakukan penyalagunaan narkotika secara terus-menerus, maka orang tersebut akan berada pada keadaan ketergantungan pada narkotika, baik secara fisik maupun psikis.

SONY DSC

P4GN adalah singkatan dari pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, sebuah upaya yang terus menerus dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat dan Pemerintah serta dunia, usaha untuk mengindahkan masyarakat dari resiko penyalahgunaan adiksi narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba diperlukan upaya yang terpadu dan komprenhensif. individu yang menyalahgunakannya. untuk itu metode pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang paling efektif dan mendasar adalah metode promotif dan preventif. upaya yang paling praktis dan nyata adalah represif dan upaya yang manusiawi adalah kuratif serta rehabilitatif.

KELUAR