Jumat, 19 Jul 2024
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021, Pada Sektor Hospitality, Perhotelan

Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan (PK) Skema Pemadanan Dukungan

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek mengadakan skema baru Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK), yakni Pemadanan Dukungan yang dinilai mampu menjawab kebutuhan industri. SMK PK Skema Pemadanan Dukungan mengedepankan semangat kolaborasi pendidikan vokasi dengan industri, yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha, melalui keselarasan yang dilaksanakan secara komprehensif bersama industri.

Pada program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan tersebut, Kemendikbudristek dan industri sama-sama memiliki peran penting. Pertama, SMK harus mampu memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbudristek sehingga hanya SMK yang sudah memasuki tahapan kematangan yang terpilih untuk mengikuti Program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan.

Pada hari jumat, 08 April 2022 SMK Negeri 3 Pekanbaru mengundang Bapak/Ibu Pimpinan GM/HRD Industri Hotel se Pekanbaru yang merupakan mitras DUDI untuk mengikuti kegiatan “Sosialisasi SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan berdasarkan surat Edaran Kemendikbudristek Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi nomor 0722/D2/PP.01.11/2022. Kegiatan program SMK PK diadakan di Ballroom Edotel Nilam Sari SMK Negeri 3 Pekanbaru.

Tujuan pelaksanaan kegiatan program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan adalah untuk mengatasi tantangan industri dalam hal pemenuhan talenta (talent pool) dan efisiensi produksi. Talent pool ini dapat dilakukan melalui pelatihan, project based learning, penyelarasan kurikulum, pemagangan serta upskilling dan reskilling guru kejuruan. Melalui kegiatan program SMK PK ini juga dapat menjadi bagian dari penyuplai komponen industri sehingga diharapkan mampu meningkatkan efisiensi industri dalam pengeluaran operasional (operating expenditure) dan pengeluaran modal (capital expenditure). Selain kedua model tersebut, SMK PK Skema Pemadanan Dukungan juga dapat menjadi agenda tanggung jawab sosial industri dalam program corporate social responsibility (CSR).

KELUAR