Selasa, 26 Okt 2021
  • SMK Negeri 3 Pekanbaru, sedang mempersiapkan sekolah tatap muka terbatas, dengan standar protokol kesehatan yang ketat

Workshop CHSE (Cheanlines, Healthy, Safety, Environment) pada SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 3 Pekanbaru

Cheanlines, Healthy, Safety, Environment (CHSE) adalah program Kemenparekraf berupa penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Penerapan program ini sendiri dengan melakukan sertifikasi CHSE untuk para pelaku usaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk diantaranya:

  1. Usaha pariwisata meliputi jasa transportasi wisata, hotel/homestay, rumah makan/restoran, hingga Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions (MICE).
  2. Usaha/fasilitas lain yang terkait meliputi pusat informasi wisata, tempat penjualan oleh-oleh dan cinderamata, toilet umum, dan usaha atau fasilitas lain yang terkait pariwisata.
  3. Lingkungan masyarakat meliputi lingkup administratif seperti Rukun Warga, Desa, atau Dusun yang menjadi bagian dari kawasan wisata atau berdekatan dengan lokasi wisata.
  4. Destinasi wisata meliputi seluruh destinasi yang berada dalam lingkup provinsi: kota/kabupaten atau desa/kelurahan.

Melalui pengertian diatas SMK Negeri 3 Pekanbaru mengikuti kegiatan Workshop CHSE pada hari Senin 4 Oktober 2021 dengan Narasumber dari Sucovindo Ibu Astri dan Grand Elite Hotel Bapak Isharyadi yang diselenggarakan di Aula SMK Negeri 3 Pekanbaru. Adapun Kriteria yang disampaikan Narasumber dalam CHSE khususnya untuk Program Keahlian Perhotelan (Pariwisata) :

Cleanliness (Kebersihan)

Pada aspek kebersihan, secara umum pelaku usaha harus memastikan kebersihan pada tempat usahanya, seperti ketersediaan sabun cuci tangan atau hand sanitizer untuk pengunjung. Memastikan tempat usaha selalu bersih, baik dari kuman, bakteri, maupun virus dengan penyemprotan disinfektan juga merupakan syarat dalam memenuhi aspek ini.

Health (Kesehatan)

Dalam menjaga kesehatan di area usaha, pelaku usaha perlu menjaga kesehatan baik para pekerja maupun pengunjung. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, pemakaian masker, hingga menerapkan pembatasan sosial dengan pengaturan jarak serta meminimalisasi kerumunan.

Safety (Keamanan)

Untuk menjaga keamanan serta keselamatan, pelaku usaha perlu menyiapkan prosedur penyelamatan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana atau kondisi darurat yang tidak diinginkan. Hal ini bertujuan untuk menjamin keselamatan orang-orang yang berada dalam area tersebut.

Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan)

Pelaku usaha perlu memastikan bahwa usahanya telah menerapkan kondisi yang ramah lingkungan. Misalnya saja dengan penggunaan perlengkapan dan bahan ramah lingkungan, hingga mengondisikan area agar terasa nyaman untuk pengunjung.

Dengan adanya workshop CHSE tersebut dan mengerti arti pentingnya dalam menjaga kebersihan, kesehatan, keamanaan dan kelestarian lingkungan, diharapkan agar SMK Negeri 3 Pekanbaru baik Guru/Tendik serta Siswa dapat menerapkan protokol kesehatan demi menimalisir penularan virus Covid-19 dan untuk jurusan Perhotelan SMK Negeri 3 Pekanbaru bisa menjunjung tinggi dan mengaplikasikan nilai dari kebersihan, kesehatan, keamanaan dan kelestarian lingkungan itu sendiri.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR